by

Evolusi Teknologi Kartu Sim Handphone di Indonesia

Teknologi Kartu Sim – Kartu sim adalah salah satu inovasi teknologi yang dimana perannya dapat membantu kita terhubung dengan dunia luar. Seperti telepon jarak jauh dengan pulsa atau paket internet contohnya. SIM atau singkatan dari Subscriber Identity Module menggunakan layanan seluler GSM, bentuknya seperti kartu CDMA.

Yang awalnya seukuran kartu nama terus berevolusi sampai berukuran kecil dan dilengkapi dengan jaringan 4G/5G di smartphone anda. Lalu seperti apa evolusi perkembangan teknologi kartu sim ini? Disini sudah kami siapkan penjelasan terkait untuk menambah wawasan anda.

Teknologi Kartu Sim yang Terus Bertransformasi Dari Masa ke Masa

Kartu sim sudah sejak lama menemani para pengguna ponsel di Indonesia. Peran kartu sim di Indonesia sangat krusial bagi mereka yang ingin terhubung dengan dunia luar, salah satunya melalui internet. Nah, Jika anda ingin tahu seperti apa dulunya kartu sim ini awalnya, maka dibawah ini sudah kami sajikan ulasannya.

BACA JUGA :
Perkembangan dan Keunggulan dari Teknologi Jaringan 5G
Teknologi yang menjadi TREND di Tahun 2022

Evolusi Kartu Sim di Indonesia Hingga Sekarang

Jika anda penasaran dengan jenis jenis kartu sim yang sudah pernah ada di Indonesia, berikut adalah beberapa daftar perjalanan evolusi kartu sim hingga jaman sekarang :

Jenis-jenis ukuran kertu SIM Handphone
1. Full Sized SIM Card

Kartu sim generasi pertama atau yang paling pertama dikenalkan di Indonesia sejak tahun 1991 dengan nama Full Sized SIM Card. Seperti namanya ukuran dari kartu sim ini memiliki panjang dan lebar yang mirip sekali dengan kartu nama atau KTP.

Untuk detail ukurannya adalah sekitar 85,60 x 53.98 mm, dan tentu saja membawa teknologi dari koneksi 1G – 2G yang dimana hanya dapat digunakan untuk menelepon saja dan membalas pesan

2. Mini SIM Card

Semakin tahun, ukuran ponsel atau telepon semakin kecil sehingga ini membuat beberapa produsen kartu sim, beralih ke generasi baru, yaitu mini sim card. Kartu mini sim card ini memang kecil tapi tidak seperti yang anda temui sekarang.

Kartu sim generasi ke 2 ini, muncul pada era tahun 2000-an dimana penggunaan ponsel sangat mudah dijumpai pada saat itu. Berukuran 25 x 15 mm dan membawa teknologi jaringan 2G – 3G, sehingga orang orang dapat menikmati internet meskipun tidak secepat sekarang.

3. Micro SIM Card

Selanjutnya ada pada muncul generasi ketiga dari kartu sim yang berukuran lebih kecil lagi yaitu setengah dari ukuran mini sim card dengan ukuran 15mm x 12 mm. Sangat mudah ditemui di beberapa smartphone yang digunakan banyak orang dan sangat populer digunakan.

Kartu generasi ke 3 ini, muncul pada tahun 2003 dimana saat itu ada peralihan dari jaringan 3G ke 4G, dan banyaknya ponsel atau smartphone yang semakin memaksimalkan mobilitas.

4. Nano SIM Card

Masih belum selesai dengan evolusinya, yang dimana ada generasi ke empat, yang mulai muncul pada tahun 2012. Penggunaan kartu nano ini dapat anda temui di ponsel smartphone generasi terbaru sejak 2017.

Untuk ukurannya sendiri adalah sekitar 12.39mm x 8.8 mm, dan dilengkapi dengan teknologi 4G+ – 5G yang sangat mendukung aktivitas berjelajah internet.

5. Embedded SIM

Ini adalah generasi 5 yang paling mutakhir namun jarang ditemui pada smartphone saat ini dimana ukurannya sangat kecil dan tertanam didalam smartphone. Muncul baru-baru ini dengan ukuran kecil sekitar 6mm x 5mm.

Jadi bagaimana? Apakah anda sudah mengetahui evolusi dari teknologi kartu sim dengan beberapa penjelasan diatas? Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan IT teknologi anda. Sekian terimakasih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.