Rekomendasi Laptop Gaming Murah Terbaik di Bawah 6 Juta 2024

Laptop42 views

Laptop Gaming Murah – Dunia gaming PC semakin menjanjikan, dengan berbagai judul game AAA yang terus bermunculan dan menuntut spesifikasi hardware yang tinggi. Namun, kenyataan pahitnya adalah, merakit atau membeli PC gaming dengan performa mumpuni seringkali membutuhkan budget yang selangit.

Bagi Anda yang memiliki hasrat untuk terjun ke dunia gaming PC tapi terkendala budget, tenang saja! Perkembangan teknologi telah melahirkan laptop gaming dengan spesifikasi yang bisa diandalkan untuk bermain game berat, tanpa harus menguras dompet hingga jutaan rupiah. Bahkan, di kisaran harga di bawah 6 juta rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan laptop gaming yang sanggup menjalankan game-game populer dengan setting grafis menengah.

Artikel ini akan menjadi panduan Anda dalam memilih laptop gaming terbaik di bawah 6 juta rupiah di tahun 2024. Kami akan membahas berbagai faktor penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli, beserta rekomendasi beberapa produk laptop gaming menarik yang ada di pasaran saat ini.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih laptop gaming murah

Sebelum Anda langsung berburu laptop gaming dengan harga di bawah 6 juta, ada beberapa faktor penting yang perlu Anda perhatikan. Dengan memahami faktor-faktor ini, Anda bisa mendapatkan laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya bermain Anda.

1. Prosesor (CPU)

Prosesor atau CPU merupakan otak dari sebuah laptop, dan perannya sangat krusial dalam menjalankan game. Untuk kebutuhan gaming, pilihlah laptop dengan prosesor yang memiliki minimal 4 core dan 8 thread. Prosesor Intel Core i5 atau AMD Ryzen 5 generasi terbaru sudah cukup memadai untuk menjalankan game-game AAA dengan setting grafis medium.

2. Kartu Grafis (GPU)

Kartu grafis atau GPU bertanggung jawab untuk menangani rendering grafis di dalam game. Untuk bermain game berat di bawah budget 6 juta, Anda bisa melirik laptop yang menggunakan NVIDIA GeForce GTX 1650 atau AMD Radeon RX 5500M. Kedua GPU ini menawarkan performa yang cukup baik untuk menjalankan game-game AAA dengan setting grafis medium hingga high.

3. Memori (RAM)

Memori atau RAM berfungsi menyimpan data sementara yang dibutuhkan oleh CPU dan program yang sedang berjalan. Untuk pengalaman gaming yang optimal, sebaiknya pilihlah laptop dengan minimal RAM 8GB. Namun, jika memungkinkan, ada baiknya Anda memilih laptop dengan RAM 16GB agar multitasking antara bermain game dan menjalankan program lain bisa berjalan dengan lancar.

4. Penyimpanan (Storage)

Jenis penyimpanan (storage) pada laptop gaming juga memegang peranan penting. Pilihlah laptop yang menggunakan storage berjenis SSD (Solid State Drive) karena SSD menawarkan kecepatan baca-tulis data yang jauh lebih cepat dibandingkan HDD (Hard Disk Drive). Dengan menggunakan SSD, waktu loading game dan booting laptop akan terasa lebih singkat.

5. Layar

Layar pada laptop gaming turut mempengaruhi pengalaman bermain Anda. Untuk mendapatkan pengalaman bermain yang optimal, pilihlah laptop dengan layar berukuran minimal 14 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080). Selain itu, perhatikan juga refresh rate layar. Pilihlah laptop dengan refresh rate minimal 60Hz, namun jika memungkinkan, lebih baik pilih refresh rate 120Hz atau 144Hz untuk mendapatkan pengalaman bermain yang lebih smooth.

Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik di Bawah 6 Juta di 2024

Setelah memahami faktor-faktor penting yang perlu dipertimbangkan, berikut ini adalah beberapa rekomendasi laptop gaming menarik di bawah budget 6 juta rupiah yang bisa menjadi pilihan Anda:

1. ASUS Vivobook 14 A1404ZA

Laptop Gaming Terbaik di Bawah 6 Juta

Laptop besutan ASUS ini menawarkan performa yang cukup tangguh berkat kehadiran prosesor Intel Core i3-1215U. Meskipun prosesor ini tergolong mid-range, tetapi dengan dukungan RAM 8GB dan storage berjenis SSD 512GB, ASUS Vivobook 14 A1404ZA mampu menjalankan berbagai game online maupun offline popular dengan setting grafis medium.

2. Lenovo IdeaPad Gaming 3

Lenovo IdeaPad Gaming 3

Lenovo IdeaPad Gaming 3 merupakan pilihan menarik bagi Anda yang mencari laptop gaming dengan performa grafis yang lebih baik. Laptop ini dibekali prosesor AMD Ryzen 5 5500H dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2050. Dengan kombinasi tersebut, Lenovo IdeaPad Gaming 3 mampu menjalankan game AAA terbaru dengan setting grafis medium hingga high.

3. Acer Nitro 5 AN515-58

Acer Nitro 5 AN515-58

Acer Nitro 5 AN515-58 mengusung konsep desain agresif yang kental dengan aura gaming. Tak hanya gagah dari segi penampilan, laptop ini juga dipersenjatai prosesor AMD Ryzen 7 5800H dan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1650. Kombinasi prosesor dan GPU tersebut mampu menjalankan berbagai game AAA popular dengan setting grafis medium hingga high. Selain itu, Acer Nitro 5 AN515-58 juga dilengkapi dengan keyboard backlit yang nyaman digunakan untuk bermain game di malam hari.

4. HP Pavilion Gaming 15-dk2099TX

HP Pavilion Gaming 15-dk2099TX

Opsi menarik lainnya datang dari HP. HP Pavilion Gaming 15-dk2099TX ditenagai prosesor Intel Core i5-11400H dan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1650. Meskipun prosesornya berasal dari generasi ke-11 Intel, tetapi performa yang ditawarkan masih cukup mumpuni untuk menjalankan game-game AAA dengan setting grafis medium. Laptop ini juga dilengkapi dengan sistem pendingin yang optimal untuk menjaga suhu laptop tetap stabil saat bermain game berat.

Tips memilih Laptop Gaming Murah:

Selain memperhatikan spesifikasi hardware, ada beberapa tips tambahan yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih laptop gaming murah:

  • Perhatikan build quality, Meskipun harganya terjangkau, pastikan laptop yang Anda pilih memiliki kualitas material yang baik dan kokoh.
  • Cek keberadaan port, Pastikan laptop gaming yang Anda pilih memiliki port-port yang dibutuhkan, seperti port USB, HDMI, dan LAN.
  • Sesuaikan dengan kebutuhan, Jangan terpaku pada spesifikasi hardware tertinggi. Pilihlah spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Membeli Laptop Gaming Secara Online vs Offline

Membeli laptop gaming bisa dilakukan secara online maupun offline. Masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Membeli Laptop Gaming Secara Online

  • Kelebihan: Biasanya menawarkan harga yang lebih kompetitif, banyak pilihan produk, dan mudah dilakukan dari mana saja.
  • Kekurangan: Tidak bisa mencoba langsung laptop yang akan dibeli, resiko barang cacat saat pengiriman, dan harus menunggu proses pengiriman.

Membeli Laptop Gaming Secara Offline

  • Kelebihan: Bisa mencoba langsung laptop yang akan dibeli, lebih aman karena barang bisa langsung dibawa pulang, dan bisa mendapatkan garansi resmi dari toko.
  • Kekurangan: Pilihan produk biasanya lebih terbatas, harga cenderung lebih mahal, dan membutuhkan waktu dan tenaga untuk berkunjung ke toko.

Memilih laptop gaming murah di bawah budget 6 juta rupiah bukanlah hal yang mustahil. Dengan memahami faktor-faktor penting yang perlu dipertimbangkan dan referensi produk yang telah kami berikan, Anda bisa mendapatkan laptop gaming yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya bermain Anda. Jangan lupa untuk tetap memprioritaskan value for money saat memilih laptop gaming agar Anda mendapatkan performa terbaik sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

  1. wah ternyata ada laptop gaming yang harganya terjangkau. dan banyak sekali dari berbagai brand merk laptop ternama. terima kasih informasinya!