Apa itu Starlink? Jaringan Internet Satelit Elon Musk di Indonesia

Apa itu starlink – Starlink adalah konstelasi internet satelit yang dikembangkan oleh SpaceX milik Elon Musk, menjadi sorotan di Indonesia. Teknologi inovatif ini menawarkan solusi internet bagi wilayah terpencil yang masih belum tersentuh akses internet.

Artikel ini membahas tentang tujuan Starlink dan bagaimana ia menggunakan satelit orbit rendah bumi (LEO) untuk menyediakan internet di daerah yang kurang terlayani. Starlink telah meluncurkan ribuan satelit, namun saat ini belum tersedia untuk pelanggan ritel di Indonesia. Telkom Group, raksasa telekomunikasi Indonesia, saat ini menggunakan Starlink untuk keperluan internal.

Apa itu Starlink?

Melansir Cnet, Starlink adalah nama jaringan satelit orbital yang pengembangannya dimulai pada 2015. Dengan satelit prototipe pertama diluncurkan ke orbit pada 2018 lalu dan sejak saat itu ribuan satelit telah diletakkan di orbit rendah Bumi.

Bagaimana Starlink Bekerja?

Starlink terdiri dari jaringan satelit LEO yang mengorbit bumi pada ketinggian yang lebih rendah daripada satelit tradisional. Hal ini memungkinkan Starlink untuk mengirimkan sinyal internet dengan latensi yang lebih rendah dan kecepatan yang lebih tinggi. Pengguna Starlink dapat mengakses internet dengan memasang antena kecil di rumah atau bisnis mereka.

Manfaat Starlink untuk Indonesia

Starlink memiliki potensi untuk membawa manfaat besar bagi Indonesia, terutama bagi wilayah pedesaan dan terpencil yang masih belum memiliki akses internet yang memadai. Internet dapat membuka peluang baru untuk pendidikan, kesehatan, dan bisnis di daerah-daerah tersebut.

BACA JUGA : Pengertian Media Jaringan, Fungsi, Jenisnya Beserta Manfaat di Era Digital

Tantangan Starlink di Indonesia

Meskipun Starlink menawarkan solusi yang menjanjikan, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi sebelum dapat diakses secara luas di Indonesia. Salah satu tantangan utama adalah biaya. Memasang antena Starlink dan berlangganan layanannya bisa mahal bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Tantangan lainnya adalah regulasi. Pemerintah Indonesia perlu mengeluarkan peraturan yang jelas tentang penggunaan satelit LEO untuk internet. Hal ini untuk memastikan bahwa Starlink beroperasi dengan aman dan tidak mengganggu jaringan telekomunikasi lainnya.

Masa Depan Starlink di Indonesia

Terlepas dari tantangan yang ada, Starlink memiliki potensi untuk merevolusi akses internet di Indonesia. Dengan dukungan pemerintah dan investasi dari sektor swasta, Starlink dapat membantu menghubungkan jutaan orang di seluruh Indonesia ke internet dan membuka peluang baru untuk kemajuan sosial dan ekonomi.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment