by

Interaksi Manusia dan Komputer beserta Contoh

Interaksi Manusia dan Komputer – Pada pembahasan kali ini, Admin S akan membahas perihal Apa itu Interaksi Manusia dan Komputer serta Faktor Interaksi pada Manusia. Menurut lansiran wikipedia, Interaksi Manusia dan Komputer (Human-Computer Interaction/HCI) adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang hubungan manusia dengan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.

Tiap masing-masing contoh dari faktor interaksi manusia dan komputer terbagi menjadi 3 faktor bagian, yakni:

  1. Penglihatan
  2. Pendengaran
  3. Perasa/Sentuhan

Baca juga: Perkembangan Sistem Operasi Windows Dari Awal Sampai Sekarang

Lantas, apa saja contoh interaksi manusia dan komputer?

1. Komputer

Interaksi Manusia dan Komputer
source: unsplash.com

Menggunakan sebuah komputer adalah sebuah interaksi dimana komputer memiliki sebuah perangkat Input, Process dan Output yang terhubung dalam kehidupan sehari-hari dalam interaksi dengan manusia.

  1. Manusia dengan monitor dengan manusia sebagai user menerima cahaya dari komputer dan dapat melihat berbagai macam gambar serta tulisan yang dapat diolah kembali.
  2. Manusia sebagai user menerima sebuah suara atau audio yang dikeluarkan komputer menggunakan alat output audio yang berubah speaker atau alat lain untuk dapat memudahkan pekerjaan user (manusia).
  3. Faktor di manusia langsung berkontak dengan komputer dengan menggunakan sentuhan antara kulit manusia (tangan) dengan keboard atau dengan layar bila sudah menggunakan fitur toch screen.

2. Virtual Reality

Interaksi Manusia dan Komputer
source: unsplash.com

Virtual Reality adalah Sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Di dalam bahasa Indonesia virtual reality dikenal dengan istilah realitas maya.

  1. Manusia dengan peralatan VR dimana kita bisa menerima penglihatan 3D. Serasa berada di tempat tersebut.
  2. Faktor di mana manusia sebagai user menerima sebuah suara atau audio yang di keluarkan oleh speaker pada perangkat komputer maupun smartphone.
  3. Faktor di manusia langsung berkontak dengan komputer adalah dalam memegan sebuah peralatan VR ketika menggunakan untuk bermain Game. Kita serasa menembak beneran.

3. Auto Teller Machine (ATM)

source: unsplash.com

Mesin ATM biasanya digunakan untuk pengambilan saldo bank , cek saldo dan berbagai transaksi lainnya.

  1. Manusia dengan layar ATM dengan manusia sebagai user menerima cahaya dari komputer dan dapat melihat berbagai macam gambar serta tulisan yang dapat di olah kembali seperti mengecek saldo melakukan transaksi atau lainya.
  2. Faktor di mana manusia sebagai user menerima sebuah suara atau audio yang di keluarkan mesin ATM menggunakan alat output audio yang di maksudkan utuk membantuk user melakukan transaksi.
  3. Faktor di manusia langsung berkontak dengan mesin ATM dengan menggunakan sentuhan antara kulit manusia (tangan) dengan layar ATM atau tombol untuk melakukan transaksi.

Baca juga: Macam-Macam Perangkat Lunak Komputer Beserta Fungsinya

4. Sistem Sidik Jari Absensi

Interaksi Manusia dan Komputer
source: unsplash.com

Dalam penggunaan absen sidik jari atau finger print, merupakan sebuah absen sederhana yang mewajibkan kita untuk melakukan sentuhan dalam absen dan tidak dapat di wakilkan oleh siapapun karena sidik jari kita berbeda dengan yang lainnya.

  1. Faktor dimana manusia melihat absensi finger print. Yang  kita peroleh dapat melihat waktu saat kita melakukan absensi.
  2. Faktor dimana manusia akan  mendengarkan sebuah bunyi dari speaker alat finger print. Jika berhasil dia akan menyuarakan pesan berhasil. Jika tidak, maka kita harus mengulanginya hingga berhasil.
  3. Faktor manusia disini adalah meletakkan jari yang dimiliki ke tempat yang ditentukan dalam proses scan fingerprint.

5. Smartphone / Ponsel Pintar

Interaksi Manusia dan Komputer
source: unsplash.com

Smartphone adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi. Dalam kehidupan sehari2, terdapat banyak interaksi yang dilakukan.

  1. Manusia dengan smartphone dengan manusia sebagai user menerima cahaya dari layar smartphone dan dapat melihat berbagai macam gambar serta tulisan yang dapat di olah kembali.
  2. Faktor di mana manusia sebagai user menerima sebuah suara atau audio yang di keluarkan smartphone menggunakan alat output audio yang beruba speker atau alat lain untuk dapat memudahkan pekerjaan user (manusia).
  3. Faktor di manusia langsung berkontak dengan layar smartphone dengan menggunakan sentuhan antara kulit manusia (tangan) dengan layar smartphone untuk mempermudah pekerjaan user.

Demikian artikel Interaksi Manusia dan Komputer beserta Contohnya, semoga dapat bermanfaat :).  Jika ada hal yang ingin ditanyakan, kritik, dan saran silahkan tulis di kolom komentar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed