by

Perkembangan Sistem Operasi Windows Dari Awal Sampai Sekarang

Perkembangan Sistem Operasi Windows – Mircorost Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Saat ini sudah menggunakan antar muka berbasis grafis atau dikenal dengan nama GUI (Graphical User Interface). Windows merupakan sistem operasi yang banyak digunakan diseluruh dunia.

Sedikit info, pada tahun ini adalah akhir untuk windows 7. Dengan kata lain windows 7 sudah tidak disupport lagi oleh microsoft. Tidak akan ada update sistem atau security lagi.

Baca Juga:
Macam-Macam Perangkat Lunak Beserta Contohnya

Berikut adalah perkembangan windows dari awal sampai sekarang.

1.MS-DOS

Sistem Operasi MS-DOS

MS-DOS (Microsoft Disk Operating System) adalah Sistem Operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line. Windows Versi pertama, Windows Graphic Environmnet 1.0 bukan merupakan Sistem Operasi. Sehingga untuk mejalankannya membutuhkan MS-DOS.

MS-DOS sendiri sebenarnya dibuat oleh perusahaan pembuat komputer Seattle Computer Products. Kemudian direkrut oleh Microsoft yang selanjutnya dibeli lisensinya.

MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981. Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft meluncurkan versi baru MS-DOS. Pada tahun 2000 microsoft menghentikan dukungan terhadap MS-DOS.

2. Microsoft Windows (windows 1.x – windows 3.x)

Sistem Operasi Windows 1.0

Microsoft Windows 1.0 merupakan versi pertama sistem operas dalam dunia sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI). Versi ini sebenarnya diluncurkan pertama kali pada tanggal 10 November 1998.

Microsoft Windows 2.0 merupakan lanjutan dari versi sebelumnya. Dirilis pada 9 Desember 1987. Sistem ini diluncurkan untuk melengkapi kekurangan aplikasi pada Windows 1.0.

Windows 3.0 memiliki kemampuan dukungan kartu grafis SVGA atau XGA dan juga icon. Selain itu microsoft menyediakan SDK (Software Development Kit). Sehingga para software developer dapat mengembangkan aplikasi agar mampu berjalan di Windows 3.0.

Sistem ini berevolusi menjadi Windows 3.1 yang mengenalkan fitur Multimedia dan True Type Font. Sistem ini memudahkan End User karena adanya fitur Drag and Drop. Windows versi 3.0 berkembang menjadi Windows 3.11 yang mendukung aplikasi NetWorking.

3. Windows 95 – Windows ME

Sistem Operasi Windows 95

Windows 95 diperkenalkan pada tanggal 14 Agustus 1995. Sistem operasi ini memiliki tampilan yang lebih menarik. Sudah memiliki menu “start” dan mendukung penamaan berkas yang panjang. Windows 95 juga mendukung Plug and Play untuk mendeteksi instalasi perangkat keras dan konfigurasi secara otomatis.

Selain itu sudah ada beberapa fasilitas seperti: Browser yang terintegrasi dan Windows Explorer. Dan juga Windows 95 memiliki fitur untuk memanajemen daya (APM) dan diperkenalkannya juga Client-Server.

4. Windows 98 – Windows SE

Sistem Operasi Windows 98

Windows 98 dikeluarkan oleh Microsoft pada 25 Jun 1998. Pada versi ini sudah mendukung VGA berbasis AGP. Selain itu mendukung media penyimpanan berkas seperti USB. Pada bagian jaringan, mulai diperkenal NAT untuk berbagi koneksi Internet dan digantikannya Virtual Device Driver dengan Windows Driver Model.

Ada juga beberapa fitur tambahan berupa aplikasi Microsoft Office dan Internet Explorer. Windows 98 juga sudah memiliki kemampuan untuk memainkan Game dan menjalankan aplikasi Multimedia.

Windows ME diluncurkan pada tanggal 14 Septembe 2000. Dalam sistem operasi ini tidak ada fitur yang spesial. Hanya transisi dukungan grafis dari 16-Bit ke 32-Bit. Sistem ini banyak dipakai oleh pengguna pribadi.

5. Windows NT 3.xx – 4.xx

Sistem Operasi Windows  NT

Windows NT dibangun dari pengembangan IBM OS/2. Lebih banyak digunakan dalam jaringan komputer. Selain itu juga memperkenalkan File System NTFS yang lebih baik dari FAT maupun FAT-32. Versi windows ini dirilis untuk komputer Intel x86, DEC Alpha, dan beberapa platform yang mendukung ARC (Advanced RISC Computing).

Windows NT 4.0 diluncurkan untuk mendukung banyak platform, akan tetapi microsoft hanya membuat service pack dan update untuk dua varian(x86 dan DEC Alph). Windows NT 4.0 merupakan versi rilis Windows NT yang mendukung DEC Alpha, MIPS, dan PowerPC.

6. Windows 2000

Sistem Operasi Windows 2000

Windows 2000 dikeluarkan oleh Microsof tanggal 17 Februari 2000 di Amerika Serikat. Pada versi ini sudah mempunyai banyak fitur tambahan diantaranya:

  • Active director yang baru
  • Image Preview
  • Browser Explore versi baru
  • Mendukung microsoft Direct dan Open GL
  • Windows Media Player
  • Dukungan manajemen daya yang lebih baik

7. Windows XP

Sistem Operasi Windows XP

Windows XP menawarkan banyak perubahan, fitur dan performa. Pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001. Mencapai 400 juta salinan instalasi digunakan pada Januari 2006. Windows XP tersedia dalam berbagai macam edisi sesuai dengan kebutuhan.

8. Windows Vista

Sistem Operasi Windows Vista

Windows Vista diluncurkan 8 November 2000 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari 2000 untuk pengguna pribadi. Versi windows ini lebih mengutamakan tampilan grafis dibandingkan dengan performa.

Fitur-fiturnya antara lain AERO, Sidebar, tingkat keamanan lebih baik dari pada Windows XP. Windows Vista menggunakan Firewall with Advanced Security, Windows Defender, Parental Control, User Account Control (UAC), BitLocker Drive Encryption.

Sama seperti versi windows sebelumnya, Windows vista mempunyai beberapa versi yang dapat kalian gunakan sesuai kebutuhan.

9. Windows 8

Sistem Operasi Windows 8

Windows 8 adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows. Dirilis Windows 8 pada 26 Oktober 2012. Pada tanggal 26 Juni 2013, Microsoft merilis versi uji coba dari Windows 8.1. Sistem operasi ini ditujukan untuk komputer pribadi. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor AR buatan Intel dan AMD.

Windows 8 mempunyai beberapa versi yang dapat kalian gunakan sesuai kebutuhan.

10. Windows 10

Sistem Operasi Windows 10

Versi yang terkahir adalah windows 10. Resmi dirilis pada tanggal 29 Juli 2015. Windows 10 dibuat untuk menyempurnakan windows 8 yang masih memiliki kekurangan. Pada versi ini bisa dikatakan sudah memiliki fitur yang lengkap. Serta memiliki tampilan grafis yang bagus dan mengutamakan performa. Kalian dapat menggunakan windows 10 dalam beberapa versi. Windows 10 merupakan versi windows terbaik dan sempurna saat ini.

Hingga artikel ini dibuat, versi windows yang terkahir adalah windows 10. Tidak menutup kemungkinan jika tahun berikutnya ada versi windows yang baru. Oiya, sebenarnya ada ada windows versi lain yaitu windows server. Namun itu tidak kita bahas karena versi windows itu hanya digunakan untuk server saja.

Sekian artikel kali tentang perkembangan windows dari dulu sampai sekarang. Semoga dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau kritik dan saran silakan tulis dikolom komentar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed