Pengertian Desain Grafis dan Sejarah Lengkapnya

Edukasi9 views

Pengertian desain grafis adalah suatu proses komunikasi dengan penggunaan elemen-elemen gambar visual. Contonya adalah: foto atau gambar, bentuk (shape), ilustrasi, hingga teks dengan tujuan untuk menyapaikan pesan tertentu.

Apa itu Desain Grafis?

Desain grafis juga dikenal sebagai desain komunikasi (visual). Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Desain grafis adalah sebuah seni sekaligus praktik perencanaan, gagasan, dan pengalaman yang dituangkan ke dalam konten visual dan tekstual.

Bentuk yang diambil dapat berupa desain fisik atau virtual dan mencakup kata-kata, gambar, dan grafik. Desain grafis dapat dikerjakan secara fleksibel baik individual maupun tim dengan skala besar. Dalam ilmu desain grafis, teks tulisan juga disebut sebagai gambar. Itu dikarenakan tulisan adalah bentuk abstraksi dari simbol-simbol yang dibunyikan.

Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan nama yang sering disebut terkait ilmu desain grafis.

Sejarah Lengkap Desain Grafis

Pada tahun yang tidak dijelaskan, Henry Cole berperan penting dalam memperkenalkan pendidikan desain di Inggris. Dalam sebuah journal berjudul Journal of Design and Manufactures, ia memberitahu pemerintah akan pentingnya desain grafis.

Sejarah Desain Grafis

Ditambah lagi dengan percetakan William Morris Kelmscott yang mempublikasikan buku karya-karya desain grafis pada tahun 1891-1896. Selain mempelopori pemisahan antara desain grafis dengan seni rupa, Morris juga berhasil membuktikan potensi pasar dan produk desain grafis.

Seorang desainer buku Amerika, William Addison Dwiggins membuat kata desain grafis muncul untuk pertama kalinya pada sebuah esai berjudul New King of Printing Calls for New Design pada tahun 1922.

Di lain waktu, buku berjudul Raffe’s Graphic Design dianggap sebagai buku pertama yang menyematkan kata desain grafis pada judul pada tahun 1927. Histori desain grafis bisa ditelusuri pada jejak peninggalan manusia zaman dahulu dalam bentuk lambang grafis (sign dan simbol) dengan bentuk gambar (pictograf) dan tulisan (ideograf).

Didasari oleh acuan alam seperti: flora, fauna, landscape, dan lain-lain, maka gambar dianggap lebih ekspresif dan bersifat langsung dengan urutan gambar mendahului tulisan. Hingga akhirnya sekarang pada tulisan ini dibuat, desain grafis telah menjadi kebutuhan primer bagi perekonomian dunia. Mulai dari warung kelontong pinggir jalan dengan desain spanduknya.

Sekian artikel tentang pengertian desain grafis dan sejarahnya, semoga dapat membantu dan menambah wawasan pembaca 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *