Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Lomba76 views

Cara Menjaga Kesehatan MataMata adalah adalah salah satu organ penting yang berada pada tubuh manusia yang berfungsi sebagai alat penglihatan . Sebab itu kesehatan mata sangatlah penting. Penglihatan yang sehat selalu menjadi dambaan banyak orang. Namun untuk masa sekarang ini kesehatan mata cenderung kurang diperhatikan. Nah mulai saat ini kita harus memprioritaskan kesehatan mata.

sumber:https://kmu.id/anatomi-mata/

Menjaga kesehatan mata adalah bagaimana cara kita untuk menjaga mata agar tetap sehat dan bisa berfungsi dengan normal. Untuk menjaga kesehatan mata tidaklah sulit berikut adalah beberapa cara untuk menjaga mata agar tetap sehat.

Cara Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

  1. Memakan makanan yang bergizi dan banyak mengandung vitamin A
  2. Melakukan pembatasan bermain handphone dan hindari menatap layar computer atau laptop terlalu lama
  3. Tidur yang cukup
  4. Olahraga yang teratur
sumber:Popbela.com

Selain mempelajari tentang bagaimana menjaga kesehatan mata kita juga harus mengetahui hal-hal penting berikut mulai dari macam macam keluhan-keluhan yang terjadi pada mata dan bagaimana cara pengobatan dari keluhan-keluhan mata tersebut 

Macam macam penyakit dan keluhan yang diderita oleh mata

1. Glaucoma

Glaucoma adalah penyakit mata yang mengkikis dan merusak saraf optic yang menunjang penglihatan mata. Penyebab rusaknya saraf optik diakibatkan oleh kelebihan cairan dalam mata yang meningkatkan tekanan di dalam bola mata.

Glaukoma ada dua jenis, yaitu glaukoma sudut terbuka primer dan glaukoma sudut tertutup. Keduanya bisa disebabkan oleh faktor usia, keturunan, komplikasi hipertensi pada mata, komplikasi diabetes, hingga penyakit mata tertentu seperti ablasi retina dan retinitis (infeksi peradangan retina)

2. Konjungtivitis (mata merah)

Konjungtivitis atau mata merah adalah peradangan atau infeksi pada selaput transparan (konjungtiva) yang melapisi kelopak mata, dan menutupi bagian putih bola mata. Ketika pembuluh darah kecil di bagian konjungtiva mengalami peradangan, warna merah lebih terlihat dan menutupi bagian putih dari bola mata.

Konjungtivitis disebabkan oleh infeksi, baik karena bakteri, virus, maupun parasit. Konjungtivitis adalah infeksi yang bisa menular dan berpotensi memicu komplikasi bila tidak diobati dan ditangani oleh dokter mata yang professional

3. Buta warna

Buta warna adalah penyakit seseorang yang gejalanya tidak bisa membedakan warna atau tidak dapat melihat warna-warna tertentu. Penyakit mata ini disebabkan oleh sel sel warna yang ada pada mata tidak ada atau sudah tidak berfungsi

4. Katarak

Katarak adalah suatu penyakit ketika lensa mata menjadi keruh dan berawan. Penyebab katarak yang sering terjadi adalah factor usia atau trauma yang menyebabkan perubahan pada jaringan mata. Gejala katarak  pada umumnya adalah pandangan kabur seperti berkabut, melihat lingkaran disekeliling cahaya, pandangan ganda dan penurunan penglihatan pada malam hari. Untuk pengobatannya jika katarak tidak terlalu mengganggu kamu hanya perlu menggunakan kacamata untuk membantu kamu melihat lebih baik, jika katarak menyebabkan penglihatanmu semakin menurun dan menghambat kegiatan mu sehari hari maka prosedur oprasi adalah pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah mata tersebu

5. Presbiopi

Presbiopia atau yang biasa disebut dengan mata tua merupakan kondisi di mana mata secara perlahan kehilangan kemampuan untuk fokus dengan cepat pada objek yang dekat. Kondisi seperti ini umum terjadi dikarenakan seiring bertambahnya usia. Pada umumnya presbiopi terjadi pada usia 40 tahun dan terus berkembang sampai 65 tahun.

6. Amblyopia

Amblyopia atau mata malas, penyakit ini sering menyerang anak-anak. Penyakit ini  terjadi ketika sensor  penglihatan di salah satu mata berkurang karena mata dan otak tidak dapat bekerja sama dengan baik. gangguan pada mata ini sering disebabkan oleh strabismus, ketidakseimbangan posisi kedua mata, rabun jauh, rabun dekat, atau astigmatisme di satu mata dibandingkan mata lainnya.

penyakit mata bisa muncul kapan saja mulai dari kurangnya kesadaran diri kita sendiri atau memang penyakit yang disebabkan oleh virus, jamur dan bakteri. Berikut

beberapa faktor yang menyebakan munculnya penyakit mata
  • Penggunaan handphone berlebihan. Sinar biru yang dipancarkan  dari handphone yang digunakan secara berlebihan akan menyebabkan mata lelah atau mata kering.
  • Pola hidup yang tidak sehat. Kurangnya mengonsumsi makanan sehat dan bergizi juga dapat menyebabkan mata menjadi rusak, jadi mulai saat ini kita harus membiasakan pola hidup sehat seperti memakan makan yang  Contohnya seperti wortel, sayuran berwarna hijau, buah-buahan, dan ikan yang mengandung omega-3 tinggi.
  • Umur. Semakin tua umur seseorang, maka semakin menurun pula kualitas fungsi mata. 
  • Genetik. Beberapa penyakit mata bisa diturunkan.
  • Penyakit bawaan. Penyakit seperti diabetes atau tumor memiliki komplikasi yang mempengaruhi penglihatan.

Pencegahan agar terhindar dari penyakit mata

Berikut beberapa factor yang dapat mencegah penyakit mata

  • Memeriksa mata secara rutin , minimal enam bulan sekali.
  • Jangan terlalu lama menatap gadget, termasuk ponsel, televisi, dan laptop.
  • Berhenti merokok.
  • Bersihkan riasan wajah sebelum tidur.
  • Rajin berolahraga, setidaknya 10-30 menit setiap hari.
  • Ketahui faktor risiko penyakit mata. Termasuk usia, riwayat keluarga dengan penyakit mata, latar belakang kondisi kesehatan lain (seperti darah tinggi atau diabetes).
  • Lindungi mata. Kenakan kacamata hitam, bahkan di hari mendung untuk melindungi mata dari sinar UVA dan UVB.
Pengobatan Penyakit Mata

apabila kamu mengalami gangguan kesehatan mata, bisa melakukan pengobatan mata dengan cara opeasi dan leser.. Penyakit mata ringan dapat dipulihkan hanya dengan obat tetes mata atau penggunaan kaca mata. Tetapi, jika penyakit mata seperti glaukoma atau katarak sudah dalam kondisi parah perlu dilakukan pemeriksaan ke dokter mata atau bisa melakukan pengobatan laser dan oprasi. oprasi pada mata banyak jenisnya salah satunya adalah Lasik, lasik sendiri adalah oprasi yang dilakukan untuk mengatasi mata minus(miopi), mengatasi rabun dekat(hipermetropi), dan mengatasi astigmatisma (silinder).Lasik dilakukan dengan cara mengikis dasar kornea menggunakan laser excimer dan membuat flap atau lipatan pada kornea dengan laser.

Jadi kesimpulan yang dapat diambil adalah untuk menjaga mata agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit tidaklah sulit dan tetap harus memprioritaskan kesehatan mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *