by

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Jaringan Wireline, Wireless, Modem dan Satelit

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Jaringan – Jaringan komputer (computer networking) adalah jaringan yang menghubungkan komputer yang satu dengan lainnya sehingga dapat saling memberikan informasi dan berkomunikasi.

Dengan adanya jaringan komputer kita dapat:

  1. berbagi pakai sumber daya, baik perangkat keras maupun perangkat lunak
    yang berada pada masing-masing komputer yang terhubung jaringan.
  2. meningkatkan efisiensi dan produktifitas, karena pengguna tidak harus berpindah-pindah
    komputer untuk manajemen data.
  3. saling berkomunikasi dan mencari informasi melalui email, website internal jaringan, dan
  4. keamanan data lebih terjamin dengan adanya sistem pemusatan data pada terminal (server).

Baca Juga: Macam-macam Perangkat Lunak dan Fungsinya

Jaringan komputer dibangun dalam bentuk dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan individu atau perusahaan. Ada berbagai macam desain jaringan komputer antara lain LAN dan WAN. Pada dasarnya, LAN dan WAN merupakan desain orisinil jaringan komputer. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, bentuk ini mengalami perkembangan yang sangat besar.

Pengertian Jaringan Wireline

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Jaringan

jaringan wireline (kabel) merupakan sebuah jaringan komputer dimana satu komputer dengan lainnya dapat saling terhubung dan bertukar informasi serta sumber daya dalam sebuah jaringan menggunakan media kabel. Kabel ini menjadi perantara antara pengirim dan penerima supaya dapat berkomunikasi atau bertukar data. Jaringan wireline sendiri biasanya digunakan untuk jaringan dengan lingkup yang sempit. Misalnya dalam sebuah kantor, gedung, maupun ruangan.

Pengertian Jaringan Wireless

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Jaringan

Jaringan wireless (tanpa kabel) adalah komunikasi data dalam jaringan tanpa menggunakan media kabel. Oleh perangkat yang bernama transceiver, sinyal-sinyal wireless yang berbentuk gelombang elektromagnetis dapat bergerak melalui ruang hampa udara. Transceiver dipasang pada setiap komputer yang terhubung dalam jaringan. Wireless menggunakan access point yang berfungsi sebagai hub jaringan untuk menerima dan mengelola sinyal jaringan. Selain itu, berfungsi menentukan area sehingga setiap komputer dapat berkomunikasi dalam jaringan.

Baca Juga: Hal yang harus diketahui tentang Jaringan 5G

Sistem jaringan wireless sering digunakan oleh mobile users, di antaranya orang yang sedang dalam perjalanan menggunakan mobil, pesawat terbang, penyelidikan ruang angkasa, dan lainnya. Sistem wireless sangat ekonomis dan digunakan pada perusahaan kecil dengan pilihan koneksi USB dan paralel. Masalah yang sering terjadi pada jaringan wireless adalah interferensi dari tembok atau benda metal penghalang sehingga akan mengganggu transmisi data dari komputer yang satu ke yang lainnya.

Pengertian Modem

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Jaringan

Untuk dapat saling berkomunikasi, sebuah unit komputer perlu dilengkapi sebuah alat yang dinamakan modem. Untuk itulah maka sekarang sudah menjadi standar sebuah unit komputer dilengkapi sebuah modem.

Baca Juga: Cara Menghidupkan Mematikan Komputer yang Benar

Modem dilengkapi fasilitas kompresi data (data compression) yang memungkinkan komputer dapat mengirimkan lebih banyak data oleh sinyal atau gelombang analog melalui line telepon. Hal ini disebabkan kompresi data dapat mengurangi ukuran pertukaran file sampai separuhnya pada saat data dikirim. Selain itu, modem dilengkapi pula dengan koreksi kesalahan (error correction) yang berfungsi untuk memeriksa dan memastikan data informasi yang diterima modem sama dengan data yang dikirim. Dengan kompresi data dan koreksi kesalahan yang handal, maka kinerja komputer semakin meningkat pada saat berkomunikasi dalam jaringan.

Pengertian Satelit

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Jaringan

Satelit adalah benda yang mengorbit dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada duajenis satelit, yakni satelit alam dan satelit buatan.

Berdasarkan fungsinya, satelit dapat dibedakan menjadi 9 jenis berikut yaitu: satelit astronomi, satelit komunikasi, satelit pengamat bumi, satelit navigasi, sateit mata-mata, satelit tenaga surya, satelit angkasa, satelit cuaca, sateit miniatur.

Yup itulah artikel tentang pengertian dan cara kerja jaringan. Semoga artikel kali ini semoga dapat bermanfaat ya 🙂

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed