Pengertian, Fungsi dan Kegunaan Jaringan Komputer PAN (Personal Area Network)

Jaringan54 views

Personal area network (PAN) adalah jaringan komunikasi satu perangkat lain dengan perangkat lainnya dalam jarak sangat dekat, hanya dalam beberapa meter saja. PAN atau personal network network merupakan titik akses keberbagai perangkat pribadi. Seperti komputer, telepon ponsel, televisi, sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data, maupun perangkat komunikasi publik seperti internet.
Kontrol pada PAN dilakukan dengan authoritas pribadi, dan untuk Teknologi yang digunakan antara lain Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth. PAN ini dihubungkan melalui bus yang ada pada komputer, seperti USB dan Firewire. PAN atau Personal Area adalah jaringan komputer digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer,Jangkauan dari PAN biasanya hanya beberapa meter.

Berikut adalah Pengertian, Fungsi dan Kegunaan PAN (Personal Area Network)

PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasi intrapersonal).
Kegunaan Personal Area Network
1) Menghubungkan perangkat-perangkat computer
2) Sebagai media komunikasi antara perangkat sendiri

Contoh Penggunaan Jaringan PAN
– Menghubungkan HP dengan Laptop, mouse dengan Laptop dan Printer dengan Laptop menggunakan bluetooth.

Contoh gambar jaringan Personal Area Network

Disamping itu PAN merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer perangkat (termasuk telepon dan asisten pribadi digital). Perangkat mungkin atau tidak milik orang tersebut. Jangkauan dari PAN biasanya beberapa meter. PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi). Bisa juga untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan Internet (an uplink). Personal area jaringan kabel mungkin dengan komputer bus seperti USB dan FireWire. A wireless personal area network (WPAN) juga dapat dimungkinkan dengan teknologi jaringan seperti IrDA, Bluetooth, UWB, Z-Wave dan ZigBee.

Sekian artikel tentan jaringan personal area network, semoga dapat membantu dan menambah pengetahuan kalian 🙂