Liburan Tanpa Kendala! 7 Cara Mudah Perawatan Motor Sebelum Liburan

Info73 views

Cara Perawatan Motor – Akhir tahun selalu menjadi hari libur wajib bagi sebagian orang. Liburan Natal dan Tahun Baru harus dipersiapkan dengan baik. Seperti persiapan fisik, biaya bahkan transportasi yang akan menemani anda berlibur. Biasanya liburan digunakan untuk pulang kampung atau ke tempat wisata yang jaraknya cukup jauh. Jika anda mempunyai rencana untuk libur natal dan tahun baru, pastikan anda mengetahui tips merawat sepeda motor sebelum melakukan liburan.

Planet Ban sebagai salah satu retail termpat servis motor dan pusat ban motor terbaik dan terlengkap diindonesia, ingin berbagi rahasia terkait cara perawatan motor agar komponen-komponen penting pada motor tetap terjaga.

Tips Perawatan Motor Sebelum Liburan

1. Cek Kondisi Ban Motor

Ban motor merupakan komponen yang sangat penting yang perlu dilakukan pemeriksaan menyeluruh. Hal itu dilakukan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanan jauh. Anda bisa mengecek tampilan ban motor apakah ada yang retak, sobek, lekukan tipis atau tekstur ban bergelombang.

Saat mengganti ban baru, sebelum melakukan perjalanan anda harus memastikan tekanan udara pada ban berada pada level normal.

Jika anda melihat tanda-tanda perlu mengganti ban, sebaiknya segera ganti dengan ban baru. Untuk mengganti ban baru bisa mengunjungi Planet Ban terdekat. Planet Ban menawarkan berbagai merek dan ukuran ban motor yang dapat disesuaikan dengan motor anda.

7 Cara Mudah Perawatan Motor Sebelum Liburan

2. Cek Kondisi Rem

Rem merupakan komponen penting untuk menjamin keselamatan saat melakukan perjalanan, setelah ban. Anda perlu memeriksa bagian rem agar saat melakukan perjalanan kondisi rem selalu baik. Jika kondisi pengereman terlalu dalam saat ditekan atau menginjak tuas rem, maka anda perlu mengganti kampas rem.

Tanda-tanda keausan rem dapat diperiksa secara manual dengan menggunakan indikator yang terdapat pada setiap dinding tromol. Jika dinding tromol sejajar dengan batas yang ada, maka kampas tromol (brake shoe) harus segera diganti. Pada rem cakram, anda dapat melihat ketebalan lapisan dan kampas rem, untuk meminimalisir resiko yang tidak diinginkan selama perjalanan.

3. Cek Kondisi Oli Mesin

Tips merawat motor sebelum liburan lainnya adalah dengan mengganti oli mesin motor. Oli mesin sebaiknya diganti dengan oli baru sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Pastikan oli yang dipakai dapat digunakan dalam jarak jauh. Anda juga harus memeriksa kandungan minyaknya.

Seperti kandungan ester. Ester yang terkandung dalam oli merupakan komponen yang mampu menjaga tingkat panas yang sesuai pada mesin motor. Kandungan ester pada oli mesin mampu menjaga suhu mesin tetap stabil. Oli tersebut memiliki kandungan ester yang sangat cocok digunakan untuk perjalanan jauh.

Jika anda ingin membeli oli yang mengandung ester dengan harga terjangkau, anda bisa menggunakan oli ekslusif dari Planet Ban yaitu, oli X-Ten. Oli tersebut mengandung ester yang dapat menjaga kestabilan mesin motor meski pada torsi tinggi dan dapat digunakan untuk jarak hingga 5.000 kilometer.

4. Periksa Aki Motor

Perawatan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pengecekan aki motor. Aki motor merupakan salah satu bagian penting untuk menjaga tenaga pada sepeda motor. Saat melakukan perjalanan jauh, pengecekan aki motor merupakan hal yang penting.

Pastikan baterai aki tidak bocor, berkarat atau rusak. Jika anda menggunakan aki basah, periksa status air aki sebelum dipindahkan. Dengan memeriksa aki anda secara rutin, anda dapat mengetahui apakah aki dalam kondisi baik atau perlu diganti.

5. Cek Sistem Pendingin

Sistem pendingin merupakan komponen yang sering diabaikan saat pemeriksaan. Letak komponen tidak langsung terlihat dengan mata sehingga komponen sistem pendingin jarang terpantau.

Masalah pada sistem pendingin akan menyebabkan suhu tidak dapat diturunkan dengan bak, sehingga dapat menyebabkan mesin menjadi terlalu panas. Sebelum berangkat berlibur, pastikan anda mengecek kondisi cairan pendingin (coolant) anda. Serta dapat menjaga suhu tetap optimal.

6. Periksa Busi

Hal yang perlu dicek dan tidak boleh dilupakan saa hendak berlibur adalah pengecekan busi. Jika busi sepeda motor anda terlihat kotor, anda perlu membersihkannya. Namun jika busi sudah aus, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Kondisi busi yang kurang optimal akan menghalangi sistem pemanas untuk beroperasi dengan baik. Sehingga dapat menghambat proses pengapian sepeda motor.

7. Cek CVT dan Rantai

Pengecekan yang lebih teliti pada saat perawatan motor menjelang hari libu adalah dengan melakukan pengecekan pada unit CVT pada kendaraan bertransmisi matic dan rantai pada sepeda motor/bebek dan motor sport. Sistem transmisi ini mempunyai fungsi untuk menyalurkan tenaga dari sepeda motor ke roda.

Jika kondisi transmisi girboks CVT atau rantai motor tidak berfungsi sempurna maka akan menghambat kinerja tenaga yang dihasilkan mesin. Jadi, sebelum berlibur, anda perlu melakukan servis pada komponen rantai CVT motor anda agar performanya tetap optimal selama perjalanan.

Cara perawatan motor sebelum berlibur dari Planet Ban menjadi pengingat bagi anda yang bersiap melakukan perjalanan. Kondisi kendaraan dengan performa optimal membuat perjalanan anda lebih aman.

Jika anda ingin melakukan pengecekan dan penggantian part motor bisa ke Toko Planet Ban. Planet Ban tidak hanya menyuplai ban motor tetapi juga menyediakan suku cadang berkualitas lainnya. Seperti aki baru, busi, kampas rem, cairan pendingin dan layanan servis rasa mesin baru yang dapat meningkatkan kinerja sepeda motor anda layaknya seperti motor baru.

Pemeriksaan kondisi sepeda motor dapat dilakukan dengan berkonsultasi dengan mekanik Planet Ban. Konsultasi sepeda motor di Planet Ban tidak dipungut biaya. Anda dapat mengunjungi Toko Planet Ban terdekat.

Selain itu, jika anda memiliki pertanyaan anda juga bisa melakukan konsultasi secara online secara gratis melalui Whatsapp Customer Service Planet Ban dengan menghubungi Tim Konsultasi Online Planet Ban.

Apapun masalah yang tedapat pada sepeda motor Planet Ban solusinya.

Ayo segera kunjungi Planet Ban terdekat dari lokasi Anda!

Konsultasi Online Planet Ban dan Servis Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 comments

    1. Sangat membantu bangettt si mass aku jadi mengetahui tentang kendaraan roda dua dan bisa lebih baik buat perawatan motor saya
      Apalagi saya selalu berpergian jauh agar kendaraan saya bisa baik saat di perjalanan

  1. Ini sangat membantu untuk saya yg ingin berlibur tapi bingung untuk cek kondisi motor agar dalam keadaan yang baik saat perjalanan jauh. Terima kasih…

  2. Wah jadi tidak bingung lagi nih mau servise apa saja sebelum berpergian/healing, berkendara jadi aman dan nyaman yg pasti (alon alon asal kelakon).

  3. informasi sangat menarik! buatt yang gatau tentang kendaraan bermotor wajib sii baca artikel ini, apalagi tentang perawatan rem motor, artikel nya sangat membantu buat yang kemana mana harus berpegian menggunakan motor harus tau juga cara merawat sepeda motor yang baik dan benarr, Terima kasih…