Pengertian LAN: Apa itu Jaringan Area Lokal?

Edukasi, Jaringan10 views

lamnesia.com – Jaringan Area Lokal (LAN) adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa perangkat yang terhubung dalam area geografis yang terbatas, seperti gedung atau kampus. LAN biasanya digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer agar dapat berbagi sumber daya, seperti printer, file, dan koneksi internet.

Apa itu Jaringan Area Lokal?

Jaringan Area Lokal (LAN) adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa perangkat yang terhubung dalam area geografis yang terbatas, seperti gedung atau kampus. LAN biasanya digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer agar dapat berbagi sumber daya, seperti printer, file, dan koneksi internet.

Sejarah Jaringan Area Lokal

Jaringan Area Lokal pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960-an oleh sekelompok ilmuwan di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Mereka mengembangkan jaringan komputer yang disebut Compatible Time-Sharing System (CTSS) yang memungkinkan beberapa pengguna untuk menggunakan komputer yang sama secara bersamaan.

Keuntungan Jaringan Area Lokal

Jaringan Area Lokal memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  1. Berbagi sumber daya: LAN memungkinkan beberapa komputer untuk berbagi sumber daya, seperti printer, file, dan koneksi internet.
  2. Efisiensi: Dengan menggunakan LAN, pengguna dapat mengakses sumber daya yang sama secara bersamaan, sehingga meningkatkan efisiensi dan produktivitas.
  3. Keamanan: LAN memungkinkan administrator untuk mengontrol akses ke sumber daya jaringan, sehingga meningkatkan keamanan.
  4. Biaya: LAN lebih murah daripada jaringan yang lebih besar, seperti WAN (Wide Area Network).

Jenis-jenis Jaringan Area Lokal

Ada beberapa jenis jaringan area lokal, antara lain:

  1. Ethernet: Jenis jaringan yang paling umum digunakan, menggunakan kabel tembaga atau serat optik.
  2. Wi-Fi: Jenis jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang radio untuk menghubungkan perangkat.
  3. Token Ring: Jenis jaringan yang menggunakan token untuk mengontrol akses ke sumber daya jaringan.
  4. FDDI (Fiber Distributed Data Interface): Jenis jaringan yang menggunakan serat optik untuk mentransmisikan data.

Kesimpulan

Jaringan Area Lokal (LAN) adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa perangkat yang terhubung dalam area geografis yang terbatas. LAN memungkinkan beberapa komputer untuk berbagi sumber daya, seperti printer, file, dan koneksi internet. Ada beberapa jenis jaringan area lokal, seperti Ethernet, Wi-Fi, Token Ring, dan FDDI.

Sekian artikel tentang pengertian jaringan LAN semoga dapat menambah wawasan kalian. Jangan lupa tinggalkan komentar dibawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *