by

Cara Install Ubuntu 20.04 LTS Server

Cara Install Ubuntu 20.04 Server – Setelah menunggu akhirnya ubuntu 20.04 LTS (Focal Fossa) rilis. Salah fitur yang dibawa adalah peningkatan keamanan dan stabilitas. Selain itu, versi ubuntu ini adalah LTS. Maka Ubuntu 20.04 LTS akan didukung hingga 2025 dengan cakupan ESM hingga 2030. Hal ini sangatlah ideal untuk penyebaran kelas perusahaan di cloud, pulik dan pusat data.

Dalam tutorial kali ini Admin Y akan melakukan instalasi Ubuntu Server 20.04. Ubuntu adalah salah satu distribusi linux paling populer. Alasannya adalah tujuan utamanya adalah menjadi sistem operasi linux non-geek yang ramah. Berikut adalah proses instalasi Ubuntu Server 20.04 lengkap dengan gambar.

Sistem Requirment Install Ubuntu 20.04 Server

  • 1 Ghz CPU
  • 64 Bit PC (AMD64)
  • 512 MB RAM
  • 2,5 Disk Kosong

Langkah-langkah install Ubuntu Server 20.04 (Focal Fossa) Lengkap dengan Gambar

1. Download iso image ubuntu terlebih dahulu. Kalian dapat mendownloadnya diwebsite resmi ubuntu. Setelah itu buat bootable menggunakan flashdisk.

2. Jika sudah booting menggunakan installer kalian.

3. Lanjut ke proses instalasi, Pilih bahasa untuk instalasi ubuntu

Menentukan bahasa instalasi ubuntu server 20.04

4. Pilih tata letak keyboard. Jika tidak yakin pilih Keyboard Identifikasi dan sistem akan membantu Anda menemukan tata letak keyboard Anda.

konfiruasi keyboard instalasi ubuntu 20.04

5. Langkah selanjutnya kalian bisa mengatur ip address. Namun jika kalian tidak ingin mengatur ip sekarang, pilih continue without network.

Menentukan ip addres untuk ubuntu server 20.04

6. Untuk konfigurasi proxy adalah opsional. Namun jika ingin mengunakan server cache proxy masukkan url dan portnya. Kalau tidak biarkan kosong dan tekan Selesai.

Konfigurasi proxy pada ubuntu server 20.04

7. Konfigurasi ubuntu archive mirror biarkan default saja.

Setting repository ubuntu 20.04

8. Tentukan partisi untuk server kalian. Ada beberapa pilihan yang dapat kalian gunakan. Untuk partisi otomatis pilih yang use an entire disk.

Menentukan partisi untuk ubuntu server 20.04

9. Ketikkan nama pengguna utama dan nama host sistem serta kata sandi pengguna.

Profil setup ubuntu server 20.04

10. Meskipun opsional, instalasi server SSH direkomendasikan untuk sebagian besar instalasi server Ubuntu. SSH memungkinkan akses server jarak jauh yang mudah.

Cara install Openssh Server ubuntu server 20.04

11. Tunggu instalasi Server Ubuntu 20.04 selesai. Jika kalian ingin melihat apa yang sedang dilakukan selama instalasi, pilih View full log.

Proses instalasi sistem ubuntu server 20.04

12. Jika instalasi berjalan dengan baik, reboot server Ubuntu kalian.Pastikan kalian melepas instalasi disk DVD atau USB flash drive.

Proses instalasi ubuntu selesai

13. Akhirnya proses instalasi ubuntu selesai. Kalian sekarang dapat masuk dengan username dan password yang dibuat selama Instalasi Server Ubuntu 20.04.

Login ke server ubuntu 20.04

Sekian artikel kali ini tentang tutorial install ubuntu server 20.04. Semoga dapat membantu kalian. Jika ada yang ingin ditanyakan atau kritik dan saran silakan tulis dikolom komentar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed