by

Cara Terbaik Menentukan Domain Untuk Toko Online

Cara Menentukan Domain Untuk Toko Online – Ketika Anda ingin memiliki toko online maka nama domain harus dipikirkan. Domain harus unik dan sesuai dengan apa yang dijual atau sesuai dengan merek yang Anda miliki. Tidak sedikit pelaku toko online gagal karena memiliki domain toko online yang sulit untuk disebutkan.

Ada beberapa hal yang harus dipahami dalam menentukan nama domain toko online.

1. Merek

Ketika usaha Anda sudah memiliki merek maka sebaiknya nama merek tersebut yang dijadikan nama domain. Jika nama merek yang dijadikan domain maka merek Anda akan semakin dikenal oleh orang banyak, selain itu Anda akan semakin mudah menemukan komunitas merek karena sudah memiliki wadah online untuk saling berkomunikasi atau berkomentar tentang produk baru dari merek yang Anda jual.

Baca Juga:
10 Rahasia Sukses Jualan Online di Internet
6 Hal Terpenting Dalam Memulai Usaha Baru
3 Model Bisnis Yang Mudah Dilakukan Pemula

2. Pasar Yang Dituju

Jika Anda belum menemukan nama merek sendiri atau produk yang dijual berbagai macam merek namun Anda mengalami kebingungan menemukan nama domain maka yang harus dilakukan adalah menganalisa market yang ingin dituju. Apakah market tersebut seorang
wanita,pria, tua, muda atau market yang ingin dituju adalah komunitas tertentu seperti komunitas olahraga, komunitas motor.

Dengan menemukan komunitas yang ingin dituju, maka Anda akan menemukan domain toko online dengan mudah. Contoh jika target Anda adalah komunitas motor dan produk yang dijual adalah perlengkapan motor, Anda bisa menamakan accessoriesmotor.com, sparepartmotor.com, dan masih banyak lagi ide-ide yang akan muncul.

3. Penggunaan Huruf

Nama domain jangan juga yang aneh atau sulit disebutkan dan mengandung makna lebih dari satu. Pastikan nama domain yang ingin diberikan mudah untuk diingat. Contoh nama domain yang aneh soepatue.com, lemarikoe.com. Nama tersebut terkesan “alay” dan untuk membrandingkan domain tersebut agak sulit. Berilah nama yang bagus dan jangan “alay”.

Berilah nama dengan pelafalan yang baik seperti sepatu.com, sepatuku.com. Jika nama tersebut telah tersedia, Anda bisa menambahkan satu kata atau 2 kata seperti sepatuanak.com atau keranjangsepatuku.com. Untuk pemberian nama domain sebaiknya maksimal 3 kata, karena jika lebih dari 3 kata maka pengunjung toko online akan merasa kesulitan untuk mengetiknya.

4. Produk Yang Dijual

Untuk memudahkan Anda menemukan nama domain, Anda bisa menggunakan produk atau usaha yang Anda jual. Contoh jika Anda menjual risoles, Anda bisa memberikan nama risoles.com, risolesenak.com atau jika Anda memiliki lebih dari satu usaha seperti risoles dan laundry, Anda bisa memberikan nama risolaundry.com

Sekian artikel kali tentang cara menentukan domain toko online. Semoga dapat bermanfaat ya :). Jika ada yang ingin ditanyakan atau kritik dan saran silakan tulis dikolom komentar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed