Contoh CP dan ATP TJKT Fase F (Kelas XI XII)

Edukasi70 views

CP dan ATP TJKT – Menjelang akhir fase F (kelas XI dan XII SMK), siswa akan memiliki kemampuan yang sangat luas dan mendalam dalam bidang jaringan komputer. Mereka akan dapat merencanakan topologi dan arsitektur jaringan. Seperti melakukan pengalamatan jaringan, menginstalasi serta memperbaiki jaringan kabel dan nirkabel, menerapkan keamanan jaringan. Serta mengkonfigurasi perangkat jaringan, dan mengatur server untuk memenuhi layanan jaringan.

Perencanaan dan Pengalamatan Jaringan

Siswa akan mampu merencanakan topologi dan arsitektur jaringan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Mereka juga akan mengumpulkan kebutuhan teknis dari pengguna yang akan menggunakan jaringan tersebut. Serta mengumpulkan data peralatan jaringan dengan teknologi yang tepat. Selain itu, mereka akan melakukan pengalamatan jaringan. Memahami CIDR (Classless Inter-Domain Routing) dan VLSM (Variable Length Subnet Mask), serta menghitung subnetting yang diperlukan.

Teknologi Jaringan Kabel dan Nirkabel

Di akhir fase ini, siswa akan memiliki keterampilan dalam menginstalasi jaringan kabel dan nirkabel. Serta mampu melakukan perawatan dan perbaikan untuk kedua jenis jaringan tersebut. Mereka akan memahami standar jaringan nirkabel dan mampu memilih teknologi jaringan nirkabel yang sesuai untuk kebutuhan indoor maupun outdoor. Kemampuan lain yang mereka miliki adalah melakukan instalasi dan pengujian perangkat jaringan nirkabel. Serta memahami dan mengkonfigurasi layanan Voice over IP (VoIP). Selain itu, mereka juga akan memahami teknologi jaringan fiber optic, jenis-jenis kabel fiber optic. Serta bagaimana memilih dan menggunakan alat kerja untuk jaringan fiber optic, melakukan sambungan, dan perbaikan jaringan fiber optic.

Keamanan Jaringan

Pemahaman mengenai kebijakan penggunaan jaringan dan kemungkinan ancaman serta serangan terhadap keamanan jaringan akan menjadi salah satu kompetensi siswa di akhir fase F. Mereka akan mampu menentukan sistem keamanan jaringan yang diperlukan. Memahami firewall pada host dan server, serta persyaratan alat-alat untuk membangun server firewall. Mereka juga akan menganalisis konsep dan implementasi firewall, memahami fungsi dan cara kerja server autentifikasi. Serta persyaratan alat-alat untuk membangun server autentifikasi. Kemampuan analisis mereka akan mencakup cara kerja sistem pendeteksi dan penahan ancaman/serangan yang masuk ke jaringan, pengamanan server layanan pada jaringan, dan teknik kriptografi untuk pengamanan komunikasi data.

Pemasangan dan Konfigurasi Perangkat Jaringan

Pada akhir fase ini, siswa akan mampu memasang perangkat jaringan ke dalam sistem jaringan dan mengganti perangkat jaringan. Mereka juga akan memahami konsep VLAN, serta mampu mengkonfigurasi dan menguji VLAN. Selain itu, mereka akan memahami proses routing dan jenis-jenis routing. Serta mampu mengkonfigurasi, menganalisis permasalahan, dan memperbaiki konfigurasi routing statis dan dinamis. Mereka juga akan mengkonfigurasi NAT, menganalisis permasalahan internet gateway, serta memperbaiki konfigurasi NAT. Siswa juga akan memiliki kemampuan untuk mengkonfigurasi, menganalisis permasalahan, dan memperbaiki konfigurasi proxy server, manajemen bandwidth, dan load balancing.

KAMU HARUS TAU INI :
Perubahan Istilah dalam Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka

Administrasi Sistem Jaringan

Siswa di akhir fase ini akan mampu menginstalasi sistem operasi jaringan. Seperti memahami konsep, menginstalasi layanan, serta mengkonfigurasi dan menguji konfigurasi remote server. Siswa juga diharapkan dapat mengkonfigurasi DHCP server, DNS server, FTP server, file server, web server, mail server, database server. Serta Control Panel Hosting, Share Hosting Server, Dedicated Hosting Server, Virtual Private Server, VPN server, serta sistem kontrol dan monitoring.

Berikut adalah alur tujuan pembelajaran Teknik Komputer dan Jaringan klik disini

Contoh ATP mata pelajaran teknik komputer dan jaringan klik disini

Sekian penjelasan tentang CP dan ATP mata pelajaran TJKT kelas XI dan XII. Dengan keterampilan dan pengetahuan yang komprehensif ini. Siswa SMK akan siap menghadapi tantangan dunia kerja di bidang teknologi informasi dan komunikasi, khususnya dalam jaringan komputer. Mereka akan memiliki kemampuan praktis yang mendalam dan siap untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari dalam lingkungan kerja nyata.

Selengkapnya bisa dibaca di Merdeka Mengajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *