CP dan ATP Bahasa Inggris Kelas X (Fase D)

Edukasi29 views

CP dan ATP Bahasa Inggris – Pada akhir Fase E, peserta didik mampu memanfaatkan teks lisan, tulisan, dan visual dalam bahasa Inggris untuk berkomunikasi sesuai dengan situasi, tujuan, dan audiens mereka. Berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, report, dan teks otentik menjadi acuan utama dalam mempelajari bahasa Inggris di fase ini. Peserta didik juga menggunakan bahasa Inggris untuk mengekspresikan keinginan dan perasaan mereka. Serta berdiskusi tentang topik yang relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka atau isu-isu hangat yang sesuai dengan usia mereka.

Berikut adalah CP (Capaian Elemen) Bahasa Inggris Fase E

1. Menguasai Teks Lisan dan Tulisan

Dalam fase ini, peserta didik terbiasa membaca teks untuk mempelajari sesuatu atau mendapatkan informasi. Keterampilan mereka dalam memahami informasi tersirat dalam bahasa Inggris mulai berkembang. Mereka juga mulai memproduksi teks tulisan dan visual yang lebih beragam, dengan kesadaran akan tujuan dan audiens yang ditargetkan.

2. Keterampilan Menyimak dan Berbicara

Pada akhir Fase E, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya, dan orang lain dalam berbagai situasi dan tujuan. Mereka terbiasa menggunakan dan merespon pertanyaan, serta menerapkan strategi untuk memulai dan mempertahankan percakapan serta diskusi. Mereka juga memahami dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari diskusi atau presentasi mengenai topik yang dekat dengan kehidupan mereka.

Selain itu, mereka menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu-isu yang dekat dengan kehidupan mereka dan untuk membahas minat. Mereka mampu memberikan pendapat dan membuat perbandingan. Serta menggunakan elemen non-verbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan nada suara untuk mendukung pemahaman dalam berbagai konteks.

KAMU HARUS TAU INI :
Perubahan Istilah dalam Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka

3. Keterampilan Membaca dan Memirsa

Pada akhir Fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, dan report. Mereka membaca untuk mempelajari sesuatu atau mendapatkan informasi, serta mencari dan mengevaluasi detail spesifik dan inti dari berbagai jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk di antaranya teks visual, multimodal, atau interaktif.

Pemahaman mereka terhadap ide pokok, isu-isu, atau perkembangan plot dalam berbagai teks mulai berkembang. Mereka mampu mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan keterampilan untuk melakukan inferensi sederhana dalam memahami informasi tersirat dalam teks.

4. Keterampilan Menulis dan Mempresentasikan

Pada akhir Fase E, peserta didik menulis berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi melalui aktivitas yang dipandu, menunjukkan kesadaran akan tujuan dan audiens yang ditargetkan. Mereka melakukan perencanaan, menulis, mengulas, dan menulis ulang berbagai jenis teks dengan menerapkan strategi koreksi diri, termasuk penggunaan tanda baca dan huruf besar yang tepat.

Peserta didik menyampaikan ide mereka menggunakan kosakata dan kata kerja umum dalam tulisan mereka. Mereka juga menyajikan informasi menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan audiens. Serta mencapai tujuan yang berbeda-beda, baik dalam bentuk cetak maupun digital.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Inggris Kelas X

Berikut adalah contoh atp mapel bahasa inggris yang dapat digunakan untuk membuat perangkat pembelajaran. klik disini untuk melihat ATP.

Dengan kemampuan ini, peserta didik diharapkan mampu berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Inggris dan mengembangkan keterampilan bahasa mereka lebih lanjut untuk menghadapi tantangan masa depan.

Sekian artikel tentang cp atp bahasa inggris untuk kelas x. Semoga dapat membantu bapak/ibu dalam membuat perangkat pembelajaran 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *