by

Manfaat Cloud Computing Untuk Masa Depan

Manfaat Cloud Computing – Pada masa yang akan datang mungkin solusi cloud computing ini akan sangat dibutuhkan oleh para perusahaan besar. Karena semakin banyak data perusahaan maka akan semakin banyak server yang ada. Itu akan membuat ruang server semakin penuh dan biaya yang dihasilkan sangatlah mahal. Dengan adanya cloud computing Perusahaan dapat memilih untuk menggunakan cloud untuk menyimpan data mereka dan menjalankan logika sebanyak mungkin atau sesedikit yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan bisnis mereka. Bisnis yang ada mungkin memilih gerakan bertahap untuk menghemat uang pada biaya infrastruktur dan administrasi. Sementara perusahaan baru mungkin akan mulai langsung di cloud.

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari cloud computing.

Baca Juga: Pengertian Cloud Computing

Hemat Biaya

Cloud computing menyediakan model penetapan harga berdasarkan pay-as-you-go (bayar apa yang kita pakai saja) atau berbasis konsumsi. Daripada membayar dimuka untuk sumber daya komputasi atau perangkat keras yang telah ditentukan sebelumnya. Kita dapat menyewa perangkat keras dan membayar sumber daya yang sebenarnya kita gunakan.

Model berbasis konsumsi ini membawa banyak manfaat, termasuk:

  • Tidak ada biaya di muka
  • Tidak perlu membeli dan mengelola infrastruktur mahal yang mungkin atau mungkin tidak digunakan secara maksimal
  • Kemampuan untuk membayar sumber daya tambahan jika dan ketika dibutuhkan
  • Kemampuan untuk berhenti membayar sumber daya yang tidak lagi dibutuhkan

Ini juga memungkinkan untuk prediksi biaya yang lebih baik. Harga untuk sumber daya dan layanan individual disediakan sehingga kita dapat memperkirakan berapa banyak yang akan dibelanjakan dalam periode penagihan tertentu berdasarkan pada perkiraan penggunaan. Kita juga dapat melakukan analisis berdasarkan pertumbuhan di masa depan menggunakan data penggunaan historis yang dilacak oleh penyedia cloud.

Skalabilitas

Kita dapat menambah atau mengurangi sumber daya dan layanan yang digunakan berdasarkan permintaan atau beban kerja pada waktu tertentu. Komputasi awan mendukung penskalaan vertikal dan horizontal tergantung pada kebutuhan.

Vertical scaling juga dikenal sebagai “peningkatan”. Adalah proses penambahan sumber daya untuk meningkatkan kekuatan server yang ada. Beberapa contoh penskalaan vertikal adalah: menambahkan lebih banyak CPU, atau menambahkan lebih banyak memori.

Horizontal scaling juga dikenal sebagai “scaling out”. Adalah proses menambahkan lebih banyak server yang berfungsi bersama sebagai satu unit. Misalnya, kita memiliki lebih dari satu server yang memproses permintaan masuk user.

Penskalaan dapat dilakukan secara manual atau otomatis berdasarkan pemicu spesifik seperti pemanfaatan CPU atau jumlah permintaan dan sumber daya dapat dialokasikan atau tidak dialokasikan dalam hitungan menit.

Elastisitas

Saat beban kerja ktia berubah karena lonjakan atau penurunan permintaan. Sistem komputasi awan dapat mengompensasi dengan secara otomatis menambah atau menghapus sumber daya.

Misalnya, bayangkan situs web Anda ditampilkan dalam artikel berita, yang mengarah pada lonjakan lalu lintas dalam semalam. Karena cloud itu elastis, maka secara otomatis mengalokasikan lebih banyak sumber daya komputasi untuk menangani peningkatan lalu lintas. Ketika lalu lintas mulai normal, cloud secara otomatis mendelokasi sumber daya tambahan untuk meminimalkan biaya.

Contoh lain adalah jika Anda menjalankan aplikasi yang digunakan oleh karyawan. Kita dapat memiliki cloud secara otomatis menambahkan sumber daya untuk jam kerja di mana sebagian besar orang mengakses aplikasi, dan menghapus sumber daya pada akhir hari biasa.

Selalu Terbaru

Saat Anda menggunakan cloud, kita dapat fokus pada hal-hal yang penting misalnya membangun dan menggunakan aplikasi. Cloud menghilangkan beban pemeliharaan perangkat lunak, pengaturan perangkat keras, peningkatan, dan tugas manajemen TI lainnya. Semua ini dilakukan secara otomatis untuk memastikan kita menggunakan alat terbaru dan terhebat untuk menjalankan bisnis.

Selain itu, perangkat keras komputer dikelola dan ditingkatkan oleh penyedia cloud. Misalnya, jika disk gagal, disk tersebut akan diganti oleh penyedia cloud. Jika pembaruan perangkat keras baru tersedia, kita tidak perlu melalui proses penggantian perangkat keras Anda. Penyedia cloud akan memastikan bahwa pembaruan perangkat keras tersedia secara otomatis.

Baca Juga: Penyedia Jasa Cloud Computing yang Perlu Diketahui

Dapat Diandalkan

Ketika kita menjalankan bisnis, pasti kita ingin yakin bahwa data Anda akan selalu ada. Penyedia komputasi awan menawarkan backup data, disaster recovery, dan layanan replication data untuk memastikan data selalu aman. Selain itu, redundancy sering kali dibangun ke dalam arsitektur layanan cloud sehingga jika satu komponen gagal, komponen cadangan akan menggantikannya. Ini disebut sebagai toleransi kesalahan dan memastikan bahwa pelanggan kita tidak terpengaruh ketika terjadi bencana.

Bersifat Global

Penyedia cloud memiliki pusat data sepenuhnya berlebihan yang berlokasi di berbagai wilayah di seluruh dunia. Ini memberi kehadiran lokal yang dekat dengan pelanggan ktia untuk memberi mereka waktu respons terbaik yang mungkin terjadi di mana pun mereka berada.

Kita dapat mereplikasi layanan ke beberapa wilayah untuk redundansi dan lokalitas. atau memilih wilayah tertentu untuk memastikan kita memenuhi undang-undang residensi data dan kepatuhan untuk pelanggan.

Keamanan

Penyedia cloud menawarkan serangkaian kebijakan, teknologi, kontrol, dan keahlian teknis ahli yang dapat memberikan keamanan yang lebih baik daripada yang bisa dicapai sebagian besar organisasi. Hasilnya adalah keamanan yang diperkuat, yang membantu melindungi data, aplikasi, dan infrastruktur dari potensi ancaman.

Ketika datang ke keamanan fisik ancaman terhadap infrastruktur cloud, penyedia cloud berinvestasi besar-besaran di dinding, kamera, gerbang, personel keamanan, dan sebagainya, untuk melindungi aset fisik. Mereka juga memiliki prosedur ketat untuk memastikan karyawan hanya memiliki akses ke sumber daya yang telah mereka otorisasi untuk kelola. Lalu ada keamanan digital. Satu hal yang membuat cloud unik adalah kita menyewa sumber daya komputasi dan penyimpanan dari kumpulan bersama.

Misalnya, kita hanya ingin pengguna yang sah untuk dapat masuk ke mesin virtual atau sistem penyimpanan yang berjalan di cloud. Tanggung jawab untuk mengamankan sumber daya ini dibagi antara kita dan penyedia cloud. Penyedia cloud menawarkan alat yang membantu mengurangi ancaman keamanan tetapi kita harus menggunakan alat ini untuk melindungi sumber daya yang digunakan.

Cloud Computing membuat menjalankan bisnis lebih mudah. memiliki manfaat diantaranya hemat biaya, skalabel, elastis, terkini, andal, dan aman. Ini berarti kita dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk hal-hal yang penting.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed