by

Penjelasan Tentang Azure App Service

Apa itu Azure App Service – Azure App Service menangani sebagian besar keputusan infrastruktur yang Anda hadapi kala meng-hosting aplikasi web. Seperti: deployment dan manajemen diintegrasikan ke dalam platform, endpoints yang aman. Situs dapat melakukan scaling dengan cepat untuk menangani traffic yang tinggi, dan load balancer serta traffic manager bawaan untuk menyediakan ketersediaan tinggi. Ini menjadikan App Service pilihan ideal untuk menjalankan aplikasi berorientasi web.

Macam-Macam Azure App Service

Azure App Service biasa digunakan untuk empat kategori aplikasi yaitu: Web Apps, API Apps, WebJobs, Mobile Apps.

Webb Apps

App Service memiliki dukungan penuh untuk hosting aplikasi web menggunakan ASP.NET, ASP.NET Core, Java, Ruby, Node.js, PHP, atau Python. Anda dapat memilih Windows atau Linux sebagai sistem operasi host.

Baca Juga: Manfaat Cloud Computing Untuk Masa Depan

Api Apps

Sama seperti hosting website, Anda juga dapat membangun REST-based web API menggunakan pilihan bahasa dan framework Anda sendiri. Anda akan mendapatkan dukungan Swagger penuh, dan kemampuan untuk mengemas dan memuat API Anda di Azure Marketplace. Aplikasi yang dihasilkan dapat diakses dari klien berbasis HTTP.

Web Jobs

WebJobs memungkinkan Anda menjalankan program (.exe, Java, PHP, Python, atau Node.js) atau script (.cmd, .bat, PowerShell atau Bash) dalam konteks yang sama dengan web appsAPI apps, atau mobile apps. WebJobs dapat dijadwalkan, atau dijalankan ketika ada pemicu (trigger). Layanan ini sering digunakan untuk menjalankan background task sebagai bagian dari logika aplikasi Anda.

Mobile Apps

Anda dapat menggunakan fitur dari Mobile Apps untuk membangun backend untuk aplikasi iOS dan Android. Dengan hanya beberapa klik di Azure Portal Anda dapat:

  • Menyimpan data pada aplikasi mobile pada database SQL berbasis cloud.
  • Melakukan autentikasi pelanggan terhadap penyedia sosial umum seperti MSA, Google, Twitter, dan Facebook.
  • Mengirimkan push notifications.
  • Menjalankan logika backend custom di bahasa C# atau Node.js.

Sekian penjelasan tentang azure app service. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian tentang cloud ya 🙂

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed