by

Pengertian Linux dan Ubuntu Secara Lengkap

Pengertian Linux Ubuntu – Mungkin selama ini sistem operasi yang paling awam digunakan adalah sistem operasi berbasis Windows. Lainnya menggunakan sitem operasi Mac OS-nya. Kedua sistem operasi tersebut memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Jika menilik dari lingkungan kerja Desktop. Linux terbukti sebagai sistem operasi yang handal, stabil, dan paling aman untuk masalah jaringan. Selain itu Linux adalah sistem operasi yang gratis karena berbasiskan Open Source. Masih banyak kelebihan-kelebihan lain dari sistem operasi Linux yang membuat Linux menjadi pilihan paling tepat untuk dijadikan sebuah komputer server.

Apa Itu Linux?

Linux (Linux Is Not Unix) adalah sebuah kernel dari sistem operasi UNIX-like berbasis Open Source. Dibuat oleh seorang mahasiswa bernama Linux Torvalds pada sekitar awal tahun 90-an. Sebenarnya ada sedikit salah persepsi di kalangan masyarakat terhadap Linux. Linux sebenarnya bukanlah sebuah sistem operasi layaknya Windows atau Mac OS. karena Linux memang hanyalah sebuah kernel. Jadi Linux itu hanya inti dari sistem operasinya saja. Baru setelah muncul seorang bernama Richard Stallman dengan proyek GNU (GNU’s Not Unix) miliknya. GNU ini adalah kumpulan dari tools-tools, libraries, dan aplikasi. Kemudian digabungkan dengan kernel atau inti sistem operasi bernama Linux tadi. Sehingga akhirnya jadilah sebuah sistem operasi yang terkenal powerful dan handal di masa yang akan datang bernama GNU/Linux.

Baca Juga: Hal yang harus diketahui tentang Jaringan 5G

Apa Itu Ubuntu?

Ubuntu merupakan sistem operasi berbasis GNU/Linux turunan dari distro Debian. Kelebihannya sangat mudah digunakan, handal, stabil dan aman. Ubuntu berasal dari filosofi Afrika yang berarti “Kemanusiaan kepada sesama”. Ubuntu didesain untuk kepentingan penggunaan personal, namun tersedia juga untuk versi server. Rilis pertama Ubuntu adalah Ubuntu 4.10 pada tahun 2004 dengan codename Warty Warthog. Mark Shuttleworth adalah tokoh dibalik dari kesuksesan Ubuntu hingga Ubuntu bisa terkenal seperti saat ini. Ia adalah pendiri dari perusahaan Cannonical, Ltd yang merupakan perusahan resmi pensupport Ubuntu.

Perbedaan Linux, GNU/Linux, dan Ubuntu

Seperti yang sudah dijelakan diatas. Linux hanyalah sebuah kernel dari sistem operasi, sedangkan GNU/Linux adalah gabungan dari tools-tools, libraries, dan aplikasi GNU dengan kernel Linux sehingga menjadi sebuah sistem operasi. Lalu Ubuntu sendiri adalah distribusi atau lebih dikenal sebagai distro dari GNU/Linux. Lebih tepatnya Ubuntu adalah gabungan dari sistem operasi GNU/Linux dengan ditambah beberapa paket-paket aplikasi, tema, dan beberapa modifikasi lainnya sehingga jadilah sistem operasi baru atau distro baru bernama Ubuntu.

Distro-distro GNU/Linux sangatlah banyak, seperti RedHat, Fedora, CentOS, Debian, Slackware, dan lain-lain. Namun ubuntu memiliki banyak kelebihan. Berikut adalah kelebihan dari ubuntu:

  • Karena Ubuntu adalah salah satu distro Linux yang free, bebas virus, dan powerful di bidang jaringan.
  • Ubuntu merupakan distro nomor satu di Indonesia, dan nomor dua setelah Linux Mint di dunia menurut survey http://distrowatch.com
  • Banyak support dari komunitas-komunitas Ubuntu di seluruh dunia.
  • Banyak tutorial-tutorial tentang server berbasis Ubuntu di internet.

Yup itulah penjelasan tentang pengertian linux dan ubuntu. Apakah dari kalian saat ini ada yang menggunakan ubuntu? Pasti kalian menggunakan OS Windows kan hehe. Untuk saat ini ubuntu banyak digunakan hanya untuk dijadikan server.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat 🙂

Referensi : Mahir Administrasi Server dan Router dengan Linux Ubuntu Server 12.04 LTS – Rizal Rahman

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed