by

Perbandingan WordPress dan Blogger Dari Segala Sisi

Perbandingan WordPress dan Blogger – Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan website. Baik itu untuk pribadi, pemasaran atau corporate. Dalam membuat website, kita dapat memilih menggunakan wordpress atau blogger. Untuk teman-teman mungkin masih bingung apasih perbedaan dari wordpress dan blogger. Karena keduanya dapat kita gunakan sebagai platform menulis artikel. Sebenarnya dari keduanya memiliki banyak perbedaan. Selengkapnya akan dijelaskan dibawah ini.

Perbandingan WordPress dan Blogger

1. Kepemilikan

Blogger adalah layanan blog yang disediakan oleh Google secara gratis. Kita dapat menulis banyak artikel disana tanpa harus memikirkan jumlah storage. Namun, itu bukan milik kita. Google menjalankan layanan ini dan berhak untuk mematikannya, atau mematikan akses blog kalian setiap saat.

Dengan WordPress, Kalian menggunakan penyedia hosting WordPress untuk meng-host situs kalian sendiri. Bebas memutuskan berapa lama kalian ingin menjalankannya dan kapan ingin mematikannya. Kalian memiliki semua data website, dan mengontrol informasi apa yang dibagikan dengan pihak ketiga mana pun.

Baca Juga: 4 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Ngeblog

2. Kontrol

Blogger adalah layanan yang disesuaikan dengan alat yang sangat terbatas. Memungkinkan untuk hanya melakukan tugas-tugas khusus di situs web Anda. Hal-hal yang dapat dilakukan di blog blogspot sangatlah terbatas. Serta tidak ada cara untuk dapat memperpanjangnya untuk memenuhi kebutuhan.

WordPress adalah perangkat lunak sumber terbuka. sehingga kalian dapat dengan mudah memperluasnya untuk menambahkan fitur baru. Ada ribuan plugin WordPress yang memungkinkan untuk memodifikasi dan memperluas. Seperti menambahkan toko ke situs web Anda, membuat portofolio, dll.

Ketika membandingkan WordPress dengan Blogger untuk situs web bisnis. Maka WordPress adalah solusi jangka panjang terbaik bagi pemilik bisnis yang serius.

3. Tampilan

Blogger secara default hanya menyediakan satu set template terbatas untuk digunakan. Kalian dapat memodifikasi warna dan tata letak templat ini menggunakan alat bawaan. Tetapi Anda tidak dapat membuat tata letak sendiri atau membuat modifikasi. Ada beberapa templat Blogger non-resmi yang tersedia. Kalian dapat membeli dari para designer template blogger. Ingat gunakan template yang original.

Ada ribuan tema WordPress gratis dan premium. Yang memungkinkan situs web yang terlihat profesional. Ada tema WordPress untuk hampir semua jenis situs web.Kalian akan menemukan banyak tema berkualitas tinggi yang mudah dimodifikasi dan disesuaikan.

4. Portable

Memindahkan situs dari Blogger ke platform lain adalah tugas yang rumit. Ada risiko signifikan bahwa website akan kehilangan SEO kalian. Seperti peringkat mesin pencari, pelanggan, dan pengikut website. Meskipun blogger memungkinkan untuk mengekspor konten web, data web kalian akan tetap berada di server Google untuk waktu yang sangat lama.

Baca Juga: Pengertian Blog dan Hal yang Wajib Diketahui

Menggunakan WordPress, kalian dapat memindahkan situs ke mana pun kalian inginkan. Kalian dapat memindahkan situs WordPress ke host baru, mengubah nama domain, atau bahkan memindahkan situs ke sistem manajemen konten lainnya.

Jika membandingkan WordPress dengan Blogger SEO. Maka WordPress menawarkan lebih banyak keunggulan SEO.

5. Keamanan

Ada dukungan terbatas yang tersedia untuk Blogger. Mereka memiliki dokumentasi yang sangat mendasar dan forum pengguna. Jika ada kendala pada blogger, kalian harus mencari tau penyebabnya di forum.

WordPress memiliki sistem dukungan komunitas yang sangat aktif. Ada dokumentasi online, forum komunitas, dan ruang obrolan IRC. Disitu kalian bisa mendapatkan bantuan dari pengguna dan pengembang WordPress yang berpengalaman. Selain dukungan komunitas, ada banyak perusahaan yang menawarkan dukungan premium untuk WordPress.

6. Future

Blogger belum melihat pembaruan besar apa pun sejak lama. Akhir-akhir ini google akan menutup google +, FeedBurner. Masa depan blogger ditangan google. Yang ditakutkan kedepannya adalah google akan menutup layanan blogger. Mereka memiliki akses untuk mematikan kapan saja.

WordPress adalah perangkat lunak Sumber Terbuka yang artinya masa depannya tidak tergantung pada satu perusahaan atau perorangan. Ini dikembangkan oleh komunitas pengembang dan pengguna. Menjadi sistem manajemen konten paling populer di dunia. Ribuan bisnis di seluruh dunia bergantung padanya. Masa depan WordPress sangatlah meyakinkan.

Sekian artikel tentang perbedaan wordpress dan blogger. Semoga kalian paham setelah membaca artikel diatas. Jika ada pertanyaan silakan tulis dikolom komentar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed