by

Cara Membuat Blog Agar Ramai Pengunjung

Cara Membuat Blog – Hallo sobat nesia pada artikel kali ini kita akan membahas step by step membuat blog sederhana. Kalian bisa langsung mempraktekkan apa yang dijelaskan di artikel ini. Semua langkah-langkahnya mudah dan aplikatif. Pada materi sebelumnya kita sudah membahas tentang dasar-dasar seo untuk artikel. Usahakan sobat nesia konsisten terhadap tulisan yang informatif dan enak dibaca.

Jadi pada bahasan kali ini akan membahas secara teknis bagaimana mengelola blog dan strategi mengembangkannya.

Cara Membuat Blog Sederhana

1.Memilih Platform

Cara Membuat Blog Agar Ramai Pengunjung

Platform untuk blog ada bermacam-macam seperti blogger, wordpress, tumblr dan yang terbaru ada medium. Setiap platform memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Kita bisa memilih platform sesuai dengan keinginan kalian. Tapi jika kalian ingin yang gratis kalian bisa menggunakan blogger.

Baca Juga: Perbedaan Blogger dan WordPress, Mana yang Terbaik?

Kalau misalnya belum pernah membuat sama sekali, tinggal baca saja kami sudah pernah membuat tutorial tentang cara mudah membuat blog. Blog yang sifatnya catatan harian atau misalnya yang sifatnya how-to akan cocok pada platform blogger dan wordpress. Karena sejak awal memang kedua platform itu digunakan penggunanya untuk hal itu. Beberapa bahkan digunakan juga untuk keperluan advertorial dan mencari nafkah lewat adsense. Untuk wordpress, ada juga fitur berbayar yang bisa memiliki keunggulan khusus seperti pemaksimalan pada pencarian dan kuota upload gambar atau video yang tidak terbatas.

Sementara Tumblr biasanya banyak digunakan untuk mereka yang ingin menambahkan sentuhan-sentuhan artsy pada blog mereka. Kontennya juga biasanya sangat unik dan eye-catchy. Bagi sobat nesia yang senang membuat tulisan-tulisan serius yang ilmiah, Medium bisa menjadi pilihan
tepat. Rata-rata pengguna Medium adalah orang-orang yang senang untuk berbagi pengetahuan atau pengalaman teknis mengenai pekerjaannya.

2. Menentukan Identitas Blog

Ini mirip dengan niche tadi dan berhubungan erat dengan platform yang kita pakai. Beberapa blogger menggunakan tema wallpaper yang sesuai dengan niche nya. Sebuah blog yang isinya tentang gaming biasanya ada nuansa gambar karakter game di wallpapernya. Ada juga blogger yang isinya curhatan menggunakan nuansa warna pink di blognya.

Identitas ini penting bagi para blogger agar orang punya kesan dan masuk ke dalam nuansa niche milik kita. Dan juga sebaiknya identitas blog ini tidak terlalu sering diubah-ubah agar membuat pengunjung lebih ingat mengenai blog kita.

3. Buat Kategori Artikel

Membuat kategori semacam membuat sebuah menu atau mengelompokkan tulisan-tulisan yang serumpun. Misalnya, niche sobat LS adalah tentang teknologi. Maka kalian bisa membuat kategori mulai dari “game”, “software”,“hardware.” tujuannya adalah agar pengunjung blog bisa dengan mudah menemukan tulisan yang ia ingin baca. Blog yang terlalu random sangat tidak enak dilihat dan tentunya akan menyulitkan pembaca karena tulisan berceceran.

Baca Juga: 4 Hal yang perlu diperhatikan Sebelum Ngeblog

Pada platform WordPress kategori semacam ini sangat mudah dibuat, toolsnya sangat enak untuk dielaborasi. Kategori bisa ditempatkan di area header atau footer dari blog. Sementara bagi pengguna Medium, kategori juga bisa digunakan untuk menandai jenis tulisan yang berbeda-beda. Pada setiap platform tools ini akan disediakan, hanya tempat settingnya saja yang berbeda. Untuk hal ini kalian bisa explore sendiri ya hehe.

4. Daftarkan Blog di Search Engine

Blog kita sudah memiliki tampilan yang bagus, kontennya menarik dan berkualitas tinggi, tapi jumlah pengunjung selalu rendah. Ada dua kemungkinan, website sobat nesia tidak terindeks di search engine seperti Google. Kalau sobat nesia berhasil memaksimalkan layanan semacam ini, nantinya pengunjung lebih mudah menemukan blog sobat nesia ketika melakukan pencarian di laman Google.

Caranya cukup mudah, tinggal login pada akun gmail yang digunakan untuk mendaftar blog. Lalu masuk ke google search console. Kemudian tinggal mengikuti prosedur lalu memasukan URL ke dalam kolom yang disediakan. Setelah itu klik submit request dan tinggal menunggu Google mengonfirmasi permintaan.

5. Share Link di Sosial Media

Hal ini yang sebenarnya sering dilupakan, menyebarkan link di media sosial bisa menambah jumlah pengunjung. Karena hampir semua orang menggunakan media sosial, dengan menggunakan narasi yang menarik kita bisa memancing orang untuk membuka blog kita. Kita boleh menyebar di semua platform bahkan di WA group.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai kita malah membuat spam atau posting tanpa memperhatikan waktu dan kondisi. Misal jam posting, jangan posting tengah malam, usahakan di waktu orang istirahat kerja atau sepulang berkegiatan. Lalu intensitas, jangan terlalu sering juga, karena orang akan merasa itu receh, lebih baik lakukan secara berkala di waktu -waktu yang strategis. Intinya adalah konsisten dan ramah di timeline.

Baca Juga: Cara Mendaftarkan Blog ke Google Adsense

Itulah semua tahapan yang perlu dilakukan untuk membuat sebuah blog yang sederhana dan juga untuk mengembangkannya. Jangan lupa juga untuk menulis konten yang berkualitas, karena content adalah yang terpenting. Terakhir jangan terlalu banyak menyediakan slot iklan demi meraup adsense, karena pengunjung datang untuk membaca blog bukan untuk melihat iklan. Lebih baik gunakan saluran lain untuk menghasilkan uang dan gunakan blog sebaik-baiknya untuk publikasi.

Sekian artikel kali tentang cara membuat blog ramai pengunjung. Semoga dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau kritik dan saran tulis dikolom komentar ya 🙂

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed