by

Tips Mengoptimalkan Gambar Untuk SEO Website

Tips kompres Gambar untuk website – Menggunakan gambar untuk menyampaikan sesuatu lebih efektif daripada menggunakan kata-kata. Hal ini juga sangat penting di website. Dengan adanya gambar akan mempermudah pengunjung memahami apa yang mereka baca. Artikel yang disertai gambar lebih disukai oleh mesin pencari.

Perlu diperhatikan gambar yang kalian gunakan haruslah berukuran kecil. Hal ini bertujuan agar website kalian tidak lama ketika diakses oleh pengunjung. Dalam kasus ini sobat nesia harus mengkompres gambar. Baik itu gambar yang memiliki extensi jpg, png dan lainnya. Pastikan gambar tidak lebih besar dari 1 MB. Supaya lebih mudah sobat nesia dapat mengkompres gambar secara online. Berikut kami rekomendasikan website untuk kompress gambar.

Baca Juga:
Tutorial Dasar-Dasar SEO
Cara Membuat Blog Ramai Pengunjung
Perbandingan Blogger dan WordPress Mana Yang Terbaik?

Tools Untuk kompres Gambar Secara Online

1. JPEG (http://www.compressjpeg.com/)

tools untuk kompress gambar jpeg

Jika gamabar yang kalian gunakan memiliki extensi JPEG, kalian bisa melakukan kompres disini. Caranya cukup mudah kalian hanya perlu mengklik upload gambar. Jika sudah website ini akan mengkompres gambar secara otomatis. Klik download jika sudah selesai dikompres.

2. PNG (http://compresspng.com/)

tools untuk kompress gambar png

Untuk gambar extensi PNG, kalan dapat menggunakan website ini. Caranya sama seperti nomor 1 ya hehe. Biasanya kalau menggunakan compresspng, ketika kita download filenya akan ada tambahan -min pada nama file kita. Kalian bebas menghapus kata itu atau tidak.

3. JPG (https://tinyjpg.com/)

tools untuk kompress gambar jpg

Khusus gambar JPG, gunakanlah website ini untuk mengkompres gambar. Caranya masih sama seperti nomor 1 dan 2. Kalau TinyJPG hasil file yang didownload akan berupa Rar. Jadi kalian harus mengextractnya terlebih dahulu.

Bagaimana Mengompres File Gambar yang Sudah Diunggah?

Untuk gambar yang telah diunggah di situs web tanpa mengompresnya terlebih dahulu, kalian bisa mengganti gambar itu. Kalian dapat menggunakan tools dibawah ini untuk memastikan gambar mana saja yang menutur google terlalu besar ukurannya.

Google Pagespeed Insight

Selain memberi saran tentang berbagai cara untuk mengoptimalkan situs web, tools ini juga memberi opsi gambar terkompresi yang dapat digunakan sebagai pengganti yang sudah ada diwebsite kalian.

EWW Image Optimizer

Pengoptimal Gambar EWWW sangat ideal jika kalian menggunakan WordPress. Ini merupakan plugin yang dapat kalian install diwordpress. Plugin ini akan memindai situs web dan secara otomatis mengoptimalkan gambar yang sudah ada di situs.

Tujuan Mengkompres Gambar

Ukuran seberapa responsif situs web Anda bergantung pada apakah gambar yang diunggah dikompres atau tidak. Gambar terkompresi menerjemahkan ke situs web yang dioptimalkan dengan baik. Jika tidak, situs web akan terasa lambat diakses. Dan dengan setiap klik, dibutuhkan waktu lebih lama untuk memuatnya. Hal ini dapat memengaruhi jumlah orang yang mengunjungi website kalian. Semakin cepat website kalian, makan google akan merekomendasikan website kalian di page one.

Sekian artikel tentang cara kompres gambar secara online. Jika ada pertanyaan atau kritik dan saran, tuliskan dikolom komentar ya 🙂

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed